September 27, 2021
11 11 11 AM
PENATAAN, PEMBERSIHAN DAN INVENTARIS ALAT & BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI
PEMBUKAAN PENDAFTARAN OLIMPIADE BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN TINGKAT SMA/MA PROVINSI MALUKU UTARA
Praktikum Mikrobiologi: Uji MPN (Most Probable Number)
Praktikum Mahasiswa Universitas Terbuka (UT-Ternate) di Laboratorium Biologi FKIP
Praktikum: Uji Antibiotik dan Uji Oligodinamik
Biologi Sel: Pengamatan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Teknik Laboratorium: Penggunaan dan Perawatan Mikroskop
Praktikum Uji Koefisen Fenol
Praktikum Isolasi DNA dan Uji Protein Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi Universitas Khairun
Indahnya Kebersamaan, Laboratorium Biologi Gelar Berbuka Puasa Ramadhan
Latest Post
PENATAAN, PEMBERSIHAN DAN INVENTARIS ALAT & BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI PEMBUKAAN PENDAFTARAN OLIMPIADE BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN TINGKAT SMA/MA PROVINSI MALUKU UTARA Praktikum Mikrobiologi: Uji MPN (Most Probable Number) Praktikum Mahasiswa Universitas Terbuka (UT-Ternate) di Laboratorium Biologi FKIP Praktikum: Uji Antibiotik dan Uji Oligodinamik Biologi Sel: Pengamatan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Teknik Laboratorium: Penggunaan dan Perawatan Mikroskop Praktikum Uji Koefisen Fenol Praktikum Isolasi DNA dan Uji Protein Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi Universitas Khairun Indahnya Kebersamaan, Laboratorium Biologi Gelar Berbuka Puasa Ramadhan

Teknik Laboratorium: Penggunaan dan Perawatan Mikroskop

Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Mahasiswa pendidikan biologi semester 2 melaksanakan praktikum tentang cara penggunaan dan perawatan mikroskop yang didampingi langsung oleh dosen pengampu matakuliah Teknik Laboratorium, Ibu Nurmaya Papuangan, S.Pd.M.Pd. Praktikum yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam ini memberikan suatu ilmu dan pengetahuan baru dimana mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai cara penggunaan mikroskop dimulai dari menemukan objek melalui pembesaran yang berbeda (4x, 10x, 40x, 100x) hingga memperoleh hasil pengamatan yang baik dan jelas yang kemudian di dokumentasikan hasil pengamatannya menggunakan smartphone.

Mikroskop dapat disebut sebagai “jantung” biologi, dimana setiap mahasiswa pendidikan biologi juga harus dan wajib menguasai penggunaan serta perawatan mikroskop. Sehingga mahasiswa akan lebih mahir dan sudah terbiasa nantinya ketika menjadi guru/ pengajar dan mengaplikasikan keilmuan serta skill nya kepada siswa disekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *