September 27, 2021
11 11 11 AM
PENATAAN, PEMBERSIHAN DAN INVENTARIS ALAT & BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI
PEMBUKAAN PENDAFTARAN OLIMPIADE BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN TINGKAT SMA/MA PROVINSI MALUKU UTARA
Praktikum Mikrobiologi: Uji MPN (Most Probable Number)
Praktikum Mahasiswa Universitas Terbuka (UT-Ternate) di Laboratorium Biologi FKIP
Praktikum: Uji Antibiotik dan Uji Oligodinamik
Biologi Sel: Pengamatan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Teknik Laboratorium: Penggunaan dan Perawatan Mikroskop
Praktikum Uji Koefisen Fenol
Praktikum Isolasi DNA dan Uji Protein Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi Universitas Khairun
Indahnya Kebersamaan, Laboratorium Biologi Gelar Berbuka Puasa Ramadhan
Latest Post
PENATAAN, PEMBERSIHAN DAN INVENTARIS ALAT & BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI PEMBUKAAN PENDAFTARAN OLIMPIADE BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN TINGKAT SMA/MA PROVINSI MALUKU UTARA Praktikum Mikrobiologi: Uji MPN (Most Probable Number) Praktikum Mahasiswa Universitas Terbuka (UT-Ternate) di Laboratorium Biologi FKIP Praktikum: Uji Antibiotik dan Uji Oligodinamik Biologi Sel: Pengamatan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Teknik Laboratorium: Penggunaan dan Perawatan Mikroskop Praktikum Uji Koefisen Fenol Praktikum Isolasi DNA dan Uji Protein Mahasiswa Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi Universitas Khairun Indahnya Kebersamaan, Laboratorium Biologi Gelar Berbuka Puasa Ramadhan

PRAKTIKUM PERDANA LABORATORIUM BIOLOGI

Nata de coco adalah makanan yang dihasilkan dari fermentasi air kelapa dengan bakteri Acetobacter xylinum . Istilah “nata” berasal dari bahasa Spanyol yang artinya terapung. Ini sesuai dengan sifatnya yaitu sejak diamati dari proses awal terbentuknya nata merupakan satu lapisan tipis yang terapung pada permukaan yang semakin lama akan semakin tebal. Pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 Laboratorium Biologi dilakukan praktikum Mata Kuliah Bioteknologi oleh Mahasiswa Biologi semester 6 dengan Dosen pengasuh Matakuliah Ibu Dr. Sundari, S.Pd.M.Pd.

Berbeda dari tahun sebelumnya, praktikum kali ini melakukan satu kegiatan tambahan lagi yaitu pembuatan bioetanol yang diproduksi dari tumbuhan. Bioetanol dapat dibuat dari tanaman-tanaman, misalnya tebu, kentang, singkong, ubi dan jagung. Mahasiswa yang berpraktikum sangat antusias dengan adanya kegiatan praktikum ini. Mereka mengatakan bahwa sebelumnya mereka belum pernah membuat bioetanol maupun Nata de coco. sehingga menambah pengalaman dan ilmu baru untuk mereka. Dan nantinya akan sangat bermanfaat ketika akan menjadi guru atau tenaga pengajar kedepan karena dapat menerapkan praktikum tersebut kepada siswa di sekolah.

Ibu Dr. Sundari, M.Pd juga menyatakan bahwa pembuatan Nata De Coco sangatlah sederhana, hanya sekedar mengetahui teknik untuk membuatnya, Insya Allah pasti sudah bisa melakukan pembuatan Nata De Coco tersebut. Lebih lanjut Beliau menyatakan bahwa ketrampilan membuat Nata De Coco tersebut sangatlah cocok untuk seorang siswa SMP & SMA untuk melatih ketrampilan dasar membuat Nata De Coco, agar supaya ketika sudah mandiri bisa berinovasi dengan berbagai macam pembuatan Nata De Coco tersebut.

Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) pada saat parktikum mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *