Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor Universitas Khairun 2022 Babak Uji Praktikum

Perhelatan “Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor Universitas Khairun 2022” kembali digelar. Kompetisi Olimpiade Biologi Tingkat Provinsi Maluku Utara untuk siswa-siswi SMA/MA dan SMK se-Provinsi Maluku Utara yang digelar oleh FKIP UNKHAIR Ternate selama tiga hari diikuti oleh 130-an peserta untuk memperebutkan Piala simbol Rektor Universitas Khairun. Kegiatan ini Sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

Setiap siswa-siswi peserta olimpiade dari SMA /MA dan SMK se-Provinsi Maluku Utara  didampingi oleh guru pembimbing. Rangkaian pelaksanaan Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor UNKHAIR terdiri atas 3 babak yang digelar selama tiga hari yaitu

  1. Hari ke-1 : Pembukaan Olimpiade Biologi Piala Bergilir Rektor ditingkat SMA/MA dan SMK se-Maluku Utara dilaksanakan di Aula Banau Kampus 1 FKIP. Kamis, 24 November 2022. Rektor (Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum) membuka secara resmi Olimpiade Biologi Universitas Khairun, dimana Rektor di dampingi langsung oleh Dekan FKIP (Dr. Abdu Mas’ud S.Pd.,M.Pd) serta Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan seluruh panitia yang tergabung dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan seleksi tahap I atau babak penyisihan. Seleksi tahap I diikuti oleh seluruh peserta olimpiade yang dilaksanakan secara tes teori tertulis mengerjakan soal pilihan ganda dengan durasi waktu 90 menit. Untuk para Bapak/Ibu guru pembimbing  juga mengikuti kegiatan Seminar Pendidikan yang diselengarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh dewan juri dan pengumuman peserta yang lolos ke tahap semifinal. Jumlah peserta yang lolos ke tahap semifinal sebanyak 27 peserta.
  2. Hari ke-2 : Jumat, 25 November 2022 babak semifinal atau seleksi tahap II diikuti oleh 27 peserta dengan nilai tertinggi pada seleksi tahap I yang dilaksanakan melalui ujian teori tertulis. Pada babak semifinal ini juga berupa tes teori tertulis, peserta mengerjakan soal pilihan ganda dengan durasi waktu 90 menit. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh dewan juri dan pengumuman peserta yang lolos ke tahap final. Jumlah peserta yang lolos ke tahap final sebanyak 10 peserta.
  3. Hari ke-3 : Sabtu, 26 November babak final Olimpiade Biologi dilaksanakan. Pada babak ini terdiri dari 2 sesi. Sesi diawali dengan tes teori tertulis. 10 peserta finalis mengerjakan soal pilihan ganda dengan durasi waktu 90 menit dan dilanjutkan sesi kedua yaitu uji praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi dimana para peserta finalis terlebih dahulu mengambil nomor undian meja uji praktikum dan menyiapkan keperluan yang dibutuhkan pada uji praktikum seperti jas lab, laptop untuk membuat PPT hasil praktikum dan handphone untuk mendokumentasi. Para peserta finalis memasuki Laboratorium dan duduk sesuai nomor udian meja uji praktikum. Adapun mata uji praktikum mecakup tumbuhan yaitu identifikasi tumbuhan dengan kunci determinasi sederhana. Di setiap meja uji praktikum para finalis sudah tersedia bahan berupa tanaman bunga telang (Clitoria ternatea L.) dan alat praktikum yang digunakan berupa cawan petri, pinset, silet, gunting, loop kaca pembesar, object glass dan cover glass. Sebelum memulai uji praktikum para peserta finalis mendengarkan arahan dari ketua panitia dan dewan juri terkait dengan mekanisme jalannya uji praktikum. Durasi pengerjaan uji praktikum selama 30 menit. Para peserta finalis fokus mulai mengerjakan uji praktikum sesuai dengan prosedur kerja secara seksama, hasil temuan didokumentasikan menggunakan handphone dan setelah selesai para finalis melanjutkan untuk membuat power point terkait hasil temuan yang sudah diamati  menggunakan laptop dengan durasi waktu pengerjaan selama 30 menit. Kemudian di tahap akhir semua peserta finalis harus bisa mempresentasikan hasil praktikum di depan dewan juri dan menjawab sejumlah pertanyaan. Dari tahap ini akan ditentukan peserta yang mendapatkan juara 1,2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3.
   
  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *