“Praktikum Biologi Dasar: Pengamatan Sel Epitel pipih”

Praktikum Biologi Dasar I dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi yang didampingi oleh Dosen pengampu Nurmaya Papuangan S.Pd., M.Si. dan Asisten Mahasiswa. Praktikum Biologi Dasar I kali ini mencakup Pengamatan Sel Epitel Mukosa Mulut (Kelompok Eukariotik).

Sel hewan yang diamati dalam praktikum ini adalah sel yang diambil dari epitel mukosa mulut. Sel pada hewan tidak memiliki Dinding Sel dan Kloroplas seperti pada sel tumbuhan, di mana kumpulan dari sel hewan yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan hewan.Pada vertebrata, terdapat 4 (empat) jaringan utama (primary tissue), antara lain: (1) jaringan epitel (ephitelial), (2) jaringan ikat (connective), (3) jaringan otot (muscle), dan jaringan saraf (nerve).Sel epitel yang menyusun jaringan epitel ini memiliki fungsi untuk melapisi tubuh atau jaringan paling luar tubuh. Epitel mulut merupakan lapisan terluar dari mukosa di mana lamina propria merupakan lapisan serat-serat yang saling terikat serta berfungsi dalam memberikan kekuatan pada epitel yang mana sebagian besar selnya merupakan sel keratosit sehingga apabila mengalami proses pematangan, maka sel tersebut akan terdorong ke permukaan atas. Jaringan epitel mukosa mulut merupakan jenis epitel berlapis gepeng/pipih.

Tujuan pelaksanaan praktikum kali ini adalah sebagai berikut.

  1. Untuk membuat preparat sel epitel mukosa mulut.
  2. Untuk menggambar hasil preparat sel epitel mukosa mulut yang diamati menggunakan mikroskop.
  3. Untuk mengidentifikasi bagian-bagian dari sel epitel mukosa mulut yang diamati menggunakan mikroskop.
  4. Untuk mendeskripsikan fungsi dari bagian sel epitel mukosa mulut yang diamati menggunakan mikroskop.

Pengamatan Sel Epitel Pipih

  1. Mengambil epitel mukosa mulut menggunakan cotton bud secara perlahan (tidak perlu terlalu keras) hanya diusap saja.
  2. Meletakkan cotton bud yang sudah digunakan untuk mengambil epitel mukosa mulut ke atas object glass dengan cara sebar satu arah dan diberi Methylen Blue sebanyak 1-2 tetes menggunakan pipet tetes ke atas object glass
  3. Menutup preparat dengan cover glass.
  4. Mengamati dengan mikroskop perbesaran lemah kemudian kuat.
  5. Menggambar hasil pengamatan di tabel pengamatan dan foto hasil pengamatan preparat epitel mukosa mulut di mikroskop. Selanjutnya, memberi keterangan bagian sel yang teramati di hasil pengamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *