IDENTIFIKASI ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI

Pelaksanaan praktikum harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana laboratorium biologi yang sesuai dengan standar minimal laboratorium. Untuk memberikan kenyamanan dalam proses pelaksanaan kegiatan praktikum di Laboratorium maka pada hari Senin, 11 April 2022 pihak laboratorium melakukan kegiatan inventarisasi alat dan bahan praktikum di laboratorium biologi. Kegiatan inventarisasi alat dan bahan ini perlu dilakukan untuk memudahkan kepala laboratorium, laboran, dan asisten mahasiswa secara bersama saat merencanakan kegiatan di laboratorium serta memudahkan pada saat pemenyusunan program laboratorium.

Pengelolaan laboratorium yang ideal berkaitan dengan pengelola dan pengguna, fasilitas laboratorium (bangunan, peralatan laboratorium, spesimen biologi, bahan kimia), dan aktivitas yang dilaksanakan di laboratorium yang menjaga keberlanjutan fungsinya. Pada dasarnya pengelolaan laboratorium merupakan tanggung jawab bersama baik pengelola maupun pengguna.Oleh karena itu, setiap orang harus dilibatkan agar memiliki kesadaran dan merasa terpanggil untuk mengatur, memelihara, dan mengusahakan keselamatan kerja. Mengatur dan memelihara laboratorium merupakan upaya agar laboratorium selalu tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan upaya menjaga keselamatan kerja mencakup usaha untuk selalu mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan sewaktu bekerja di laboratorium dan penangannya bila terjadi kecelakaan. Kegiatan inventarisasi alat dan bahan dengan melakukan pengecekan alat dan bahan serta perawatannya, membuat daftar alat dan bahan, kartu alat dan bahan, buku daftar pembelian, buku daftar barang pecah, rusak, hilang, habis, serta buku harian laboratorium.

Dalam kegiatan inventaris tersebut perlu diperhatikan: (1) kode alat dan bahan, (2) nama alat atau bahan, (3) spesifikasi alat atau bahan (merk, tipe, pabrik pembuat), (4) sumber pembelian alat dan tahun pengadaannya, (5) tahun penggunaan, (6) jumlah atau ukuran, dan (7) kondisi alat (baik atau sudah rusak).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *